Kamis, 23 Februari 2017

Perkembangan bukalapak dari awal berdiri sampai 2017

Perkembangan bukalapak dari awal berdiri sampai 2017

BukaLapak.com adalah e-commerce/situs jual beli  yang berbasis consumer to consumer. Bukalapak berdiri di tahun 2010 dengan jumlah karyawan sebanyak 5 orang berkembang selama 7 tahun hingga memiliki 60 orang karyawan. Mengikuti trend saat ini dimana internet of things atau IOT menjadi alah satu core business yang berkembang saat ini diseluruh industri, BukaLapak berhasil menjadi salah satu start up business yang diperhitungkan. Bisnis yang berbasis internet ini sempat diragukan perkembangannya di tahun2 awal berkembangnya internet, dimana banyak perusahaan yang lebih percaya akan keefektifan Above The Line atau Below The Line activation dibandingan dengan the power of internet atau social media. Berikut adalah timeline bukalapak dari awal berdiri hingga pada tahun 2017:

2010_Achmad Zaky seorang agensi digital bernama Suitmedia mendirikan bukalapak
2011_Lalu Achmad Zaky di resmikan menjadi CEO (Chief Executive Office) dan pada tahun ini bukalapak di resmikan  menjadi perseroan terbatas. Bukalapak juga mendapatkan investasi untuk ekspansi dari Batavia Incubator.
2012_Pada tahun ini bukalapak mendapat suntikan dana dari Incubator da juga mendapatkan suntikan dana dari GREE Ventures dan menjadi e-commerce yang tidak dapat diremehkan dengan  jumlah pengguna  sebesar 60.000 dan  25.000 penjual.
2014_Bulan maret bukalapak kembali mendapat suntikan dana  dari  empat investor ada IREP, 500 Startups, GREE Ventures, dan Aucfan. Bukalapak juga mengeluarkan aplikasi web bukalapak untuk smartphone. Di bulan juni bukalapak juga berinovasi dengan membuat fitur Quick Buy yang mempermudah pelanggan dalam membayar
2015_Bukalapak mengalami kerugian sebesar 229 miliar dan  mendapat suntikan dana dari EMTEK sebesar 439 miliar
2016_ menurut Oci Ambrosia seorang brand manager dari bukalapak, bukalapak mengalami penaikan pendapatkan  sebesar 13,4 miliar di tahun 2016
2017_ walaupun telah mendapat banyak user  dan transaksi di tahun 2016 bukalapak mengaku belum mendapatkan kemeningkatan keuntungan di tahun 2017 hal ini langsung di sampaikan oleh CEO Bukalapak yang di publis di Sindonews.
Sekian timeline bukalapak, semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar