Sabtu, 11 Februari 2017

Kekurangan dan hambatan dari ecommerce Indonesia

Kekurangan dari ecommerce
Ecommerce telah banyak membantu para pelaku bisnis dalam mengembangkan bisnis mereka seperti mempermudah proses pemilihan barang, pengantaran barang sampai ke meode pembayaran namun di balik  itu masih ada kekurangan dan hambatan  yang masih harus dihadapi oleh pada pelaku  ecommerce di Indonesia. Berikut adalah beberapa kekurangan, kendala dan hambatan ecommerce
  1. Keamanan data dan intergrasi sistem masih sangat kurang hal ini menyebabkan masyarakat indonesia memiliki kepercayaan yang rendah akan situs e-commerce / bisnis online. Kasus penyalahan gunaan data dari konsumen/pelanggan juga masih kerap terjadi.
  2. Hal ini juga jadi berpengaruh terhadap model pembayaran yang ada di indonesia . karena tingkat kepercayaan masyarakat indonesia rendah sehingga sistem pembayaran masih melalui transfer atau cash on delivery
  3.  Keamanan data yang rendah tidak hanya mengancam konsumen tetapi organisasi atau pengusaha juga. Di beberapa perusahaan masih ada laporan mengenai rusak nya sistem software akibat di sabotase hal ini aan sangat membahayakan jika perusahaan ini berbasis perbankan.
  4.  Di beberapa daerah pelosok masih belum memiliki akses internet yang aman dan murah jadi tidak semua daerah dapat mengakses situs belanja online.
  5. Biaya dalam pembuatan atau pembangunan sistem ecommerce masih mahal
  6. Proses pengiriman barang masih belum menjangkau ke daerah daerah  terpencil, ketepatan  waktu dalam pengiriman barang juga masih belum tepat waktu , masih ada ketakutan konsumen jika barang yang telah di beli  sampai tapi  jauh dari ekspektasi yang di harapkan.
  7. Dan dengan berkembangnya ecommerce di indonesia mulai muncul lah kejahatan baru di dunia online seperti penipuan melalui pesan singkat sampai ke penggunaan kartu kredit palsu atau curian. Di samping itu kejelasan regulasi yang mengatur hal tersebut juga masih belum jelas.

 Di harapkan untuk kedepanya kekurangan dan hambatan  ecommerce ini dapat terselesaikan dengan baik agar pertumbuhan ecommerce indonesia dapat terus naik. Akan lebih baik juga jika pemerintah ikut serta dalam membangun ecommerce di indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar